Iklan

Cara memaksimalkan hasil panen jamur tiram ( Jamur Tiram Medan )

20.7.15 09.12 By Ali Sadikin Brutu

Banyak sekali masalah yang dihadapi petani jamur tiram, tentang bagaimana cara mengoptimalkan hasil dari bibit baglog jamur tiram,
kususnya para petani yang baru merintis usaha di bidang ini..

bahkan sebagian para petani akan berspekulasi tentang hasil jamurnya.

Pada dasarnya, hasil dari jamur dari baglog tidak akan lebih besar dari berat baglog nya. rata rata hasil jamur dari satu baglog adalah 30 % sampai 40 % dari berat baglognya dengan nutrisi yang baik. Namun hasilnya dapat berkurang apa bila baglog tersebut tidak terawat atau tempat ( Kumbung ) tidak memenuhi standart tempat budidaya jamur tiram.

Berikut ini adalah tips dan trik untuk meningkatkan atau mengoptimalkan hasil panen dari baglog yang berdasarkan pengalaman saya dalam membudidayakan jamur tiram :


1. Menjaga kebersihan dan kelembapan rumah jamur atau kumbung agar selalu dalam keadaan lembab. Suhu dalam kembung disiasati agar suhu selalu adem dan segar dengan perkiraan 23 sampai 29 c. karna suhu tersebut adalah suhu produktivitas jamur.


2. Mengatur panen

Pertanyaan yang sering yang diajukan adalah, Berapa kali panen sih dalam satu baglog  dan sampai kapan usianya?? jawabanya sih relatif.Ada yang 2 kali ada yang 3 kali dan ada yang 4 kali,  bahkan ada yang 5 kali !!

menurut saya, yang ideal sih 4 kali, kalo usia baglog sich menurut saya lebih cepat lebih baik, yang penting hasil [anen. caranya sebagai berikut :

a. Buah Pertama biasanya dari depan alias mulut baglog, karena buah pertama paling gampang tumbuhnya

b. Buah kedua pun biasanya dari depan, alias mulut baglog, namun biasanya agak lebih lama tumbuh, karena mulut baglog sudah agak mengeras dan udah mulai rusak.

c. Buah ketiga,untuk menghasilkan buah ketiga perlu bantuan dengan cara memotong sedikit mulut baglog, agar mempermudah tumbuh jamur. karena mulut baglog biasanya sudah mulai kehitaman karena siraman air atau ada yang keras bahkan ada yang kena ulat. dengan memotong bagian depan terebut, justru mempermudah tumbuh jamur.

d. Buah Keempat. untuk menghasilkan buah ke empat adalah dengan cara merobek atau memotong bagian belakang  baglog. karena biasanya pada saat itu berat baglog sudah ringan dan nutrisi di bagian depan baglog sudah mulai habis, sehingga bagian belakang baglog akan terasa lebih berat dari bagian depan. dan ketika bagian belakang di buka, maka jamur akan lebih cepat tumbuh di bagian belakang karena masih memiliki sisa nutrisi.



# Jamur Tiram Medan # Jamur Tiram Sumatera Utara #

082160358867



4 komentar:

bastan ms mengatakan...

berapa harga bibit jamur tiramnya? dimana bisa saya lihat. trims

2/29/2016
Ali Sadikin Brutu mengatakan...

Di tempat kami, harga tergantung mulai 2500 hingga 3000, info lanjut 082160358867

5/28/2016
Unknown mengatakan...

saya baru mulai usaha budidaya jamur tiram, apa penyebab baglog gagal ditumbuhi miselium?

1/21/2018
Ali Sadikin Brutu mengatakan...

Banyakb daktor pak, tergantung ciri cirinya

4/07/2019

Posting Komentar

JAMUR TIRAM MEDAN MENUNGGU KOMENTAR POSITIPNYA