Iklan

PENYEBAB BIBIT TIDAK MENJALAR / JALAN DI BAGLOG

8.5.16 19.03 By Ali Sadikin Brutu

Penyebab miselium tidak berkembang setelah di bibit, pada wujudnya kelihatan warna pada bibit f2 sama saja seperti  bibit awal di bibit.

Kadang petani menunggu agar miselium jalan.. namun Percuma sajakarena bibit tersebut tidak tumbuh lagi oleh karena itu periksalah kembali bibit tersebut dan telitilah apa penyebabnya. Berdasarkan pengalaman kami dan penelitian yang kami lakukan penyebab bibit tidak jalan atau berkembang pada backlog adalah meningkatnya PH di dalam deklok tersebut hal ini sering kita abaikan dan tidak memeriksa kembali tingkat PH pada serbut tsb

pertama adalah setelah serbuk dimasukkan ke dalam plastik namun dibiarkan beberapa hari atau tidak langsung disterilisasikan sehingga serbuk yang ada di dalam plastik terasa pengap dan menghasilkan aroma yang tidak sedap sehingga pH yang ada di dalam serbuk tersebut naik dan akibatnya adalah ketika inokulasi atau dalam pembibitan hifa, yang terdapat pada besok tersebut tidak menjalar atau tidak berkembang
penyebab yang kedua adalah ketika dalam proses fermentasi kapur yang kita campuran tidak sesuai dengan presentasi untuk menurunkan PH tersebut karena pada setiap serbuk mempunyai kadar pH yang berbeda-beda sehingga perlu pengecekan dengan melalui alat pengukur PH.
solusinya adalah segeralah sterilisasi deadlock tersebut agar tidak terjadi permentasi yang mengakibatkan PH naik kemudian periksalah PH pada serbuk sebelum di baglog ke dalam plastik.

0 komentar:

Posting Komentar

JAMUR TIRAM MEDAN MENUNGGU KOMENTAR POSITIPNYA